Penjelasan dan Cara Puasa Weton Pandangan Islam

cara dan pengertian puasa weton hari lahir menurut Islam

 

Hukum serta penjelasan puasa weton hari lahir dalam agama Islam. Ada orang teman baik ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum puasa hari lahir buat mengingati hari lahir pandangan agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping bolehkah mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Weton

Di sini kita akan mengulas hukum dari puasa hari kelahiran sendiri pandangan agama Islam. Disamping itu kita juga mengulas bagaimana cara menjalankannya. Tapi sebelumnya terlebih dulu kita perlu mengerti penjelasan dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Hari Kelahiran

Puasa hari lahir sendiri yakni model puasa Jawa yang bukan puasa mesti ataupun sunnah. Islam tak mengenali puasa weton atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan untuk mengingati hari lahir satu orang.

Disamping itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang miliki karakter dan sifat berdasar hari kelahiran.

Cara Melaksanakan Puasa Weton

Cara lakukan puasa weton atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai mulai sejak hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah di Minggu Pahing buat yang mau lakukan puasa weton disarankan minum dan makan terlebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Sesudah itu start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka pada jam 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa konsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diijinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara waktu 6 dan 7.

Terkecuali itu Anda bisa pula menambahkan aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya yaitu untuk melenyapkan karakter serta watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Cara serta Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Menurut Ajaran Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari lahir yakni jangan dijalankan seandainya dikerjakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukan beberapa macam puasa harus serta sunnah.

Penjelasan serta cara puasa weton dalam Islam benar-benar tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb yang disebut beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait cara dan pengertian puasa weton hari lahir dalam Islam yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting