Pengertian dan Cara Puasa Weton Pandangan Islam

hukum serta pengertian puasa hari lahir kita menurut pandangan agama Islam

 

Penjelasan dan hukum puasa weton hari lahir dalam agama Islam. Ada seseorang sobat ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum dari puasa hari kelahiran untuk peringati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa tipe puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada selainnya apakah bisa mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Weton

Di sini kita akan mengulas hukum puasa hari kelahiran menurut agama Islam. Diluar itu kita akan mengkaji bagaimana cara melakukannya. Tapi awalannya lebih dahulu kita penting mengerti artian dari puasa weton ini.

Penjelasan Puasa Weton

Puasa hari lahir sendiri yaitu type puasa Jawa yang bukanlah puasa penting atau sunnah. Islam tak kenal puasa weton atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk mengingati hari lahir seorang.

Disamping itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punyai arah lain adalah untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang mempunyai pembawaan serta watak berdasar hari kelahiran kita.

Cara Melakukan Puasa Weton Wedal

Cara kerjakan puasa weton atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam mulai mulai sejak hari lahir Anda. Semisalnya Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah di Minggu Pahing untuk yang ingin lakukan puasa weton direkomendasikan minum dan makan terlebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Sesudah itu start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka pada jam 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengonsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diperkenankan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda dapat memperbanyak aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya ialah untuk hilangkan pembawaan serta kepribadian jelek yang ada pada diri kita sendiri.

Cara Puasa Weton Pandangan Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton ialah jangan diselesaikan seandainya dikerjakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukan beberapa macam puasa mesti serta sunnah.

Hukum serta pengertian puasa weton hari lahir menurut ajaran agama begitu tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar sebagai puasa mesti maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain yang disebut beribadah puasa sunnah buat meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait penjelasan puasa hari lahir dalam agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting