Penjelasan Puasa Hari Lahir Menurut Ajaran Islam

hukum puasa weton hari lahir dalam agama

 

Cara serta pengertian puasa weton hari lahir dalam agama. Ada orang kawan dekat ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum dari puasa hari lahir sendiri untuk mengingati hari lahir dalam agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping apa boleh mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Hari Kelahiran

Di sini kita dapat membicarakan hukum puasa hari lahir kita menurut pandangan agama Islam. Tidak hanya itu kita akan mengkaji bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi awalnya lebih dahulu kita perlu ketahui artian dari puasa weton ini.

Arti Puasa Hari Kelahiran

Puasa weton ialah model puasa Jawa yang bukan puasa mesti atau sunnah. Islam tak mengetahui puasa hari kelahiran atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan buat mengingati hari lahir satu orang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain adalah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang miliki karakter dan sifat berdasar hari kelahiran kita.

Cara Melaksanakan Puasa Weton Wedal

Cara lakukan puasa hari lahir kita atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali mulai sejak hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu pada Minggu Pahing buat yang mau lakukan puasa weton direkomendasi minum dan makan lebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Kemudian start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka di waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa konsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuma diperkenankan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda bisa pula memperbanyak aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya untuk melenyapkan karakter dan kepribadian jelek yang ada di dalam diri kita.

Hukum Puasa Hari Kelahiran Menurut Ajaran Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton ialah jangan ditangani seandainya dijalankan buat berharap ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa mesti serta sunnah.

Pengertian dan cara puasa hari kelahiran menurut ajaran agama sangatlah tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll yang disebut beribadah puasa sunnah untuk memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan tentang cara puasa weton hari lahir pandangan Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting