Hukum serta Pengertian Puasa Hari Lahir Dalam Islam

hukum puasa hari lahir menurut agama Islam

 

Hukum dan pengertian puasa hari lahir menurut Islam. Ada orang teman akrab menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa weton untuk peringati hari lahir menurut agama Islam? Apa model puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak kecuali apa boleh mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Hari Lahir

Di sini kita akan mengkaji hukum puasa weton pandangan agama Islam. Terkecuali itu kita akan juga membicarakan bagaimana cara menjalankannya. Akan tetapi awalannya lebih dulu kita perlu mengenali penjelasan dari puasa weton ini.

Arti Puasa Hari Lahir

Puasa weton yaitu macam puasa Jawa yang bukanlah puasa harus atau sunnah. Islam tidak kenal puasa weton atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan untuk mengingati hari lahir seorang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang punyai maksud lain ialah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punya pembawaan dan watak berdasar weton.

Cara Lakukan Puasa Hari Lahir Kita

Cara melaksanakan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai mulai sejak hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir di Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah di Minggu Pahing buat yang mau kerjakan puasa weton direkomendasikan minum serta makan lebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka di waktu 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengkonsumsi apa tak seperti puasa mutih yang cuma diijinkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Terkecuali itu Anda dapat pula meningkatkan aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang arahnya ialah untuk hilangkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Hukum Puasa Weton Hari Lahir Pandangan Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari kelahiran yaitu jangan ditangani kalau dijalankan buat ingin ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukan beberapa macam puasa mesti dan sunnah.

Cara puasa weton dalam agama Islam benar-benar berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa mesti maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain sebagai beribadah puasa sunnah untuk memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan cara serta pengertian puasa hari kelahiran menurut agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting