Pengertian serta Cara Puasa Weton Hari Lahir Dalam Islam

pengertian dan cara puasa weton hari lahir pandangan agama

 

Hukum dan penjelasan puasa hari lahir dalam Islam. Ada seorang sobat ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum dari puasa hari lahir untuk peringati hari lahir menurut agama Islam? Apa tipe puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada disamping apakah bisa mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Weton

Di sini kita dapat mengupas hukum dari puasa hari kelahiran sendiri pandangan agama Islam. Terkecuali itu kita juga mengupas bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi awalnya lebih dulu kita penting mengenal pemahaman dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Hari Kelahiran

Puasa weton yaitu type puasa Jawa yang bukan puasa penting atau sunnah. Islam tak mengetahui puasa hari kelahiran atau yang di kenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan buat mengingati hari lahir seorang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain adalah untuk menyingkirkan semua keburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punyai pembawaan dan watak berdasar hari kelahiran.

Cara Melakukan Puasa Hari Lahir Sendiri

Cara melakukan puasa weton atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali mulai sejak hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir pada Senin Wage karena itu berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang ingin lakukan puasa weton disarankan minum dan makan terlebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Sesudah itu start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam serta buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa konsumsi apa tak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Tidak hanya itu Anda bisa juga memperbanyak kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya ialah untuk melenyapkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Cara serta Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Menurut Ajaran Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari lahir sendiri yakni jangan dijalankan bila dijalankan buat mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa harus dan sunnah.

Cara dan pengertian puasa weton hari lahir dalam agama benar-benar berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb sebagai beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait hukum dan penjelasan puasa weton dalam agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting