Hukum dan Pengertian Puasa Hari Kelahiran Dalam Agama

cara puasa weton pandangan agama

 

Penjelasan puasa weton hari lahir menurut agama. Ada orang teman dekat menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa weton buat peringati hari lahir dalam agama Islam? Apa model puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada kecuali bolehkah mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita dapat membicarakan hukum dari puasa hari lahir kita pandangan agama Islam. Tidak hanya itu kita akan juga mengulas bagaimana cara melaksanakannya. Tapi sebelumnya lebih dulu kita penting mengenali pemahaman dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Hari Lahir Kita

Puasa hari kelahiran sendiri ialah model puasa Jawa yang bukan puasa mesti ataupun sunnah. Islam tak kenal puasa hari kelahiran atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk peringati hari lahir satu orang.

Diluar itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain adalah untuk menyingkirkan semua keburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punyai karakter dan sifat menurut hari lahir kita.

Cara Kerjakan Puasa Weton

Cara kerjakan puasa weton atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Semisalnya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu pada Minggu Pahing buat yang mau melakukan puasa weton direkomendasi minum dan makan lebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Sesudah itu start jam malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka di jam 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengonsumsi apa tak seperti puasa mutih yang cuman diperkenankan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda dapat juga meningkatkan aktivitas dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya ialah untuk melenyapkan karakter dan watak jelek yang ada di dalam diri kita sendiri.

Pengertian dan Cara Puasa Hari Lahir Kita Dalam Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton ialah jangan dilakukan jikalau dikerjakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa mesti serta sunnah.

Penjelasan serta cara puasa weton hari lahir pandangan Islam benar-benar tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa mesti maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb sebagai beribadah puasa sunnah untuk memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan penjelasan serta cara puasa hari kelahiran menurut agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting