Hukum dan Penjelasan Puasa Weton Menurut Agama Islam

cara dan penjelasan puasa weton dalam Islam

 

Cara serta penjelasan puasa weton hari lahir dalam Islam. Ada seorang kawan baik menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa hari kelahiran kita buat mengingati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa model puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada kecuali apa bisa mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita dapat mengupas hukum puasa hari kelahiran menurut pandangan agama Islam. Tidak hanya itu kita akan mengkaji bagaimana cara menjalankannya. Akan tetapi awalnya lebih dahulu kita penting mengerti pemahaman dari puasa weton ini.

Arti Puasa Hari Lahir

Puasa weton merupakan type puasa Jawa yang bukan puasa harus atau sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari lahir atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan buat peringati hari lahir seorang.

Disamping itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain ialah untuk menyingkirkan semua keburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang miliki pembawaan dan watak berdasar pada weton.

Cara Melakukan Puasa Weton Wedal

Cara melaksanakan puasa hari lahir kita atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai mulai sejak hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, ialah di Minggu Pahing buat yang pengin lakukan puasa weton disarankan minum serta makan terlebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Selanjutnya start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam serta buka di waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengonsumsi apa tak seperti puasa mutih yang cuman diperkenankan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda dapat memperbanyak kesibukan dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya ialah untuk hilangkan pembawaan dan watak jelek yang ada di dalam diri pribadi.

Cara serta Pengertian Puasa Weton Hari Lahir Menurut Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari kelahiran yakni jangan dijalankan seandainya dilaksanakan buat berharap ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan sejumlah macam puasa penting serta sunnah.

Penjelasan puasa weton menurut Islam begitu berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan seterusnya yang disebut beribadah puasa sunnah untuk menambahkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkenaan cara dan pengertian puasa hari lahir sendiri menurut agama Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting