Pengertian serta Hukum Puasa Weton Pandangan Agama

hukum puasa weton hari lahir menurut ajaran Islam

 

Cara dan pengertian puasa hari lahir dalam agama. Ada seorang kawan baik menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa weton untuk peringati hari lahir dalam agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak selainnya apa boleh mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita dapat mengkaji hukum dari puasa weton menurut pandangan agama Islam. Disamping itu kita akan juga mengulas bagaimana cara melakukannya. Tapi sebelumnya lebih dahulu kita perlu ketahui pemahaman dari puasa weton ini.

Artian Puasa Weton

Puasa weton merupakan model puasa Jawa yang bukanlah puasa mesti atau sunnah. Islam tidak mengetahui puasa weton atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan untuk mengingati hari lahir satu orang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang miliki maksud lain ialah untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang mempunyai karakter serta kepribadian berdasar hari kelahiran.

Cara Lakukan Puasa Weton

Cara kerjakan puasa hari kelahiran kita atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir di Senin Wage karenanya berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing buat yang pengin melakukan puasa weton direkomendasi minum serta makan lebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Selanjutnya start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengonsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Diluar itu Anda bisa pula meningkatkan kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang arahnya untuk hilangkan karakter serta sifat jelek yang ada di dalam diri kita.

Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Menurut Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton yaitu jangan diselesaikan seandainya dijalankan untuk ingin ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa penting dan sunnah.

Penjelasan serta cara puasa hari lahir sendiri menurut ajaran agama amat tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll sebagai beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan perihal penjelasan dan cara puasa weton pandangan agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting