Penjelasan serta Cara Puasa Weton Hari Lahir Menurut Pandangan Agama Islam

cara puasa hari kelahiran pandangan Islam

 

Pengertian puasa hari lahir kita dalam Islam. Ada seorang kawan akrab menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari kelahiran kita buat mengingati hari lahir menurut agama Islam? Apa tipe puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping apa boleh mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Weton

Di sini kita dapat mengupas hukum puasa weton menurut agama Islam. Disamping itu kita akan membicarakan bagaimana cara melakukannya. Tetapi awalannya terlebih dulu kita penting mengenali artian dari puasa weton ini.

Pemahaman Puasa Weton

Puasa weton yaitu macam puasa Jawa yang bukanlah puasa mesti ataupun sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari kelahiran kita atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan untuk mengingati hari lahir satu orang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang miliki maksud lain ialah untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang miliki karakter serta sifat berdasar weton.

Cara Melaksanakan Puasa Weton

Cara kerjakan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing buat yang pengin melakukan puasa weton disarankan minum serta makan terlebih dulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Kemudian start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka pada jam 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa memakai apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diperkenankan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara waktu 6 dan 7.

Disamping itu Anda bisa pula meningkatkan kesibukan dengan bertapa semedi waktu malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya yaitu untuk menyingkirkan karakter dan kepribadian jelek yang ada di dalam diri kita.

Cara Puasa Hari Lahir Menurut Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa hari lahir kita yaitu jangan diselesaikan jika dikerjakan untuk berharap ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa harus serta sunnah.

Cara serta penjelasan puasa weton hari lahir pandangan agama sangatlah berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan seterusnya yang disebut beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan tentang pengertian serta hukum puasa hari lahir menurut ajaran agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting