Penjelasan Puasa Weton Pandangan Islam

hukum serta pengertian puasa weton hari lahir menurut ajaran Islam

 

Hukum puasa weton hari lahir dalam Islam. Ada seorang kawan akrab ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum dari puasa weton buat peringati hari lahir dalam agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada kecuali apakah bisa mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita akan mengkaji hukum dari puasa weton pandangan agama Islam. Tidak hanya itu kita juga mengkaji bagaimana cara menjalankannya. Tapi awalnya lebih dulu kita butuh ketahui artian dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Hari Kelahiran

Puasa weton yaitu macam puasa Jawa yang bukan puasa penting atau sunnah. Islam tidak kenal puasa hari lahir atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan buat peringati hari lahir seorang.

Diluar itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai maksud lain untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang mempunyai pembawaan dan watak menurut hari lahir kita.

Cara Melakukan Puasa Weton

Cara melaksanakan puasa hari lahir atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali sejak mulai hari lahir Anda. Semisalnya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang pengin lakukan puasa weton direkomendasikan minum dan makan lebih dahulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Selanjutnya start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka pada waktu 6 sore hingga 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa makan apa tak seperti puasa mutih yang cuma diperkenankan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara jam 6 dan 7.

Diluar itu Anda bisa pula menambahkan aktivitas dengan bertapa semedi waktu malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang arahnya yaitu untuk melenyapkan karakter dan watak jelek yang ada pada diri kita.

Hukum Puasa Weton Dalam Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa weton yakni jangan dilakukan jikalau dilaksanakan untuk berharap ridha Allah SWT. Lantaran puasa itu bukan jenis-jenis puasa penting serta sunnah.

Cara dan pengertian puasa weton hari lahir dalam agama Islam sangatlah berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa harus atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll sebagai beribadah puasa sunnah buat meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkenaan cara serta pengertian puasa weton hari lahir menurut ajaran Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting