Pengertian serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

penjelasan dan cara puasa hari lahir menurut ajaran agama Islam

 

Hukum serta penjelasan puasa hari lahir dalam agama Islam. Ada seseorang teman dekat menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari lahir sendiri untuk peringati hari lahir menurut agama Islam? Apa tipe puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil disamping apa bisa mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Weton

Di sini kita akan membicarakan hukum dari puasa weton menurut pandangan agama Islam. Diluar itu kita akan mengkaji bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi awalnya terlebih dulu kita perlu ketahui artian dari puasa weton ini.

Artian Puasa Weton

Puasa weton merupakan tipe puasa Jawa yang bukanlah puasa mesti atau sunnah. Islam tak kenal puasa weton atau yang dikenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dijalankan untuk mengingati hari lahir satu orang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai arah lain ialah untuk melenyapkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang miliki pembawaan serta sifat berdasar pada hari kelahiran kita.

Cara Melaksanakan Puasa Hari Lahir Sendiri

Cara melaksanakan puasa weton atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali sejak mulai hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah pada Minggu Pahing buat yang mau lakukan puasa weton direkomendasi minum dan makan terlebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Seterusnya start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka di jam 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa makan apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diijinkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Tidak hanya itu Anda dapat juga menambahkan aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya ialah untuk melenyapkan karakter dan watak jelek yang ada pada diri kita.

Cara serta Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Dalam Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah kalau hukum puasa weton merupakan jangan ditangani kalau dikerjakan buat berharap ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa harus serta sunnah.

Pengertian dan cara puasa hari lahir menurut Islam benar-benar tidak serupa dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb yang disebut beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan pengertian puasa hari lahir sendiri dalam agama Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting