Pengertian serta Cara Puasa Weton Menurut Islam

pengertian dan cara puasa weton menurut ajaran agama

 

Pengertian puasa weton pandangan agama Islam. Ada seseorang teman baik ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum puasa weton buat mengingati hari lahir pandangan agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap ada selainnya apa boleh mengucapkan doa panjang usia peringati hari lahir.

Puasa Hari Lahir

Di sini kita akan membicarakan hukum dari puasa weton menurut pandangan agama Islam. Terkecuali itu kita juga mengkaji bagaimana cara menjalankannya. Tapi awalannya terlebih dulu kita perlu mengerti penjelasan dari puasa weton ini.

Artian Puasa Weton

Puasa hari lahir sendiri yakni model puasa Jawa yang bukanlah puasa harus atau sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari lahir atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan untuk peringati hari lahir satu orang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih diketahui dengan tirakat atau tapa yang punyai maksud lain ialah untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang mempunyai pembawaan dan kepribadian menurut hari lahir.

Cara Kerjakan Puasa Hari Kelahiran

Cara lakukan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, yaitu pada Minggu Pahing buat yang pengin melaksanakan puasa weton direkomendasi minum serta makan lebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara jam 6 sore sampai malam. Kemudian start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam serta buka pada waktu 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa memakai apa tak seperti puasa mutih yang cuma diizinkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Disamping itu Anda dapat pula memperbanyak pekerjaan dengan bertapa semedi waktu malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya untuk menyingkirkan karakter serta watak jelek yang ada di dalam diri kita sendiri.

Pengertian dan Hukum Puasa Weton Pandangan Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa weton ialah jangan dilakukan seandainya dikerjakan untuk berharap ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukan beberapa macam puasa penting dan sunnah.

Hukum puasa weton hari lahir menurut Islam amat tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar sebagai puasa mesti atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll yang disebut beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait pengertian serta hukum puasa weton menurut pandangan agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting