Pengertian dan Hukum Puasa Hari Lahir Menurut Agama

hukum serta penjelasan puasa weton menurut ajaran agama

 

Penjelasan puasa hari kelahiran dalam agama Islam. Ada seorang teman akrab ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum puasa hari lahir buat peringati hari lahir menurut agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil disamping bolehkah mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Weton

Di sini kita akan mengkaji hukum puasa hari kelahiran dalam agama Islam. Terkecuali itu kita juga membicarakan bagaimana cara melakukannya. Akan tetapi sebelumnya terlebih dulu kita penting mengenal artian dari puasa weton ini.

Arti dari Puasa Weton

Puasa hari kelahiran yakni type puasa Jawa yang bukan puasa penting atau sunnah. Islam tidak mengetahui puasa weton atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dikerjakan untuk peringati hari lahir satu orang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain adalah untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punyai karakter serta kepribadian berdasar hari lahir kita.

Cara Melakukan Puasa Weton Wedal

Cara melaksanakan puasa hari lahir atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya pada Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing buat yang mau kerjakan puasa weton disarankan minum serta makan lebih dulu dalam kisaran waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start jam malam kita berpuasa waktu 23 jam serta buka pada waktu 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dijalankan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengonsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara jam 6 serta 7.

Terkecuali itu Anda bisa pula memperbanyak aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya ialah untuk hilangkan pembawaan serta watak jelek yang ada di dalam diri pribadi.

Cara serta Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Pandangan Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa weton ialah jangan dijalankan jikalau dikerjakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukanlah beberapa macam puasa penting serta sunnah.

Penjelasan puasa hari kelahiran menurut agama begitu berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa harus maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan lain-lain sebagai beribadah puasa sunnah untuk meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkaitan hukum serta penjelasan puasa weton menurut ajaran Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di waktu lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting