Pengertian dan Cara Puasa Weton Hari Lahir Pandangan Islam

penjelasan serta hukum puasa weton dalam agama Islam

 

Cara serta penjelasan puasa weton hari lahir menurut Islam. Ada seorang kawan akrab ajukan pertanyaan bagaimana sich hukum puasa weton untuk mengingati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampil kecuali bolehkah mengucapkan doa panjang usia peringati ulang tahun.

Puasa Hari Lahir

Di sini kita bakal mengkaji hukum puasa hari lahir kita menurut agama Islam. Tidak hanya itu kita akan mengulas bagaimana cara menjalankannya. Akan tetapi awalnya lebih dahulu kita penting ketahui artian dari puasa weton ini.

Artian dari Puasa Hari Lahir Sendiri

Puasa weton merupakan type puasa Jawa yang bukan puasa penting ataupun sunnah. Islam tidak mengenali puasa hari lahir atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk mengingati hari lahir seorang.

Diluar itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punya maksud lain untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya masing-masing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang miliki pembawaan dan watak menurut hari kelahiran.

Cara Lakukan Puasa Weton Wedal

Cara kerjakan puasa hari lahir atau wedhal hari lahir ini yaitu dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam mulai sejak mulai hari lahir Anda. Contohnya Anda lahir pada Senin Wage jadi berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, ialah di Minggu Pahing buat yang mau lakukan puasa weton direkomendasikan minum dan makan lebih dahulu dalam jarak waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start jam malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka pada jam 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa konsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman diizinkan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Diluar itu Anda dapat menambahkan pekerjaan dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya untuk melenyapkan pembawaan dan kepribadian jelek yang ada pada diri kita.

Hukum dan Pengertian Puasa Weton Hari Lahir Pandangan Agama

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari lahir kita ialah jangan dilakukan jika dilaksanakan buat mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah jenis-jenis puasa mesti serta sunnah.

Cara dan penjelasan puasa hari kelahiran menurut Islam sangatlah tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa mesti atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dan seterusnya sebagai beribadah puasa sunnah buat memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan terkait pengertian dan cara puasa weton dalam agama Islam yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting