Hukum Puasa Hari Kelahiran Menurut Ajaran Agama Islam

pengertian puasa weton hari lahir menurut pandangan Islam

 

Penjelasan puasa hari kelahiran menurut agama. Ada seorang teman dekat menanyakan bagaimana sich hukum puasa hari lahir untuk mengingati hari lahir menurut agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak kecuali bolehkah mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Weton

Di sini kita bakal mengupas hukum puasa weton pandangan agama Islam. Terkecuali itu kita akan juga mengupas bagaimana cara melaksanakannya. Tapi awalnya lebih dulu kita perlu mengenal pemahaman dari puasa weton ini.

Artian Puasa Hari Lahir

Puasa hari lahir sendiri yaitu model puasa Jawa yang bukan puasa penting ataupun sunnah. Islam tak mengenali puasa hari lahir atau yang di kenal juga berikut nama puasa wedal. Puasa ini dilaksanakan untuk peringati hari lahir seorang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang miliki maksud lain adalah untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) seorang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing sebab menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang mempunyai karakter dan watak berdasar pada hari lahir kita.

Cara Melakukan Puasa Hari Kelahiran

Cara kerjakan puasa hari lahir atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali sejak mulai hari lahir Anda. Umpamanya Anda lahir pada Senin Wage karenanya berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, yaitu di Minggu Pahing untuk yang pengin melakukan puasa weton disarankan minum dan makan lebih dahulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Seterusnya start jam malam kita berpuasa sepanjang 23 jam dan buka pada waktu 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa konsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuma diijinkan makan yang putih-putih saja selamanya tidak lebih satu jam di antara waktu 6 dan 7.

Tidak hanya itu Anda juga bisa meningkatkan kesibukan dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 dini hari yang arahnya yaitu untuk menyingkirkan karakter dan watak jelek yang ada di dalam diri kita.

Hukum dan Pengertian Puasa Weton Menurut Pandangan Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari kelahiran kita yakni jangan ditangani jikalau dilaksanakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Karena puasa itu bukan jenis-jenis puasa harus dan sunnah.

Cara dan penjelasan puasa weton dalam agama Islam begitu berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa harus maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb yang disebut beribadah puasa sunnah buat meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan tentang penjelasan puasa weton pandangan agama yang bisa dikatakan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting