Penjelasan dan Hukum Puasa Weton Menurut Agama

penjelasan serta cara puasa hari kelahiran dalam agama Islam

 

Penjelasan dan hukum puasa hari lahir pandangan agama Islam. Ada seorang kawan dekat menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa hari kelahiran buat mengingati hari lahir menurut pandangan agama Islam? Apa macam puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping apa boleh mengucapkan doa panjang usia mengingati hari lahir.

Puasa Weton

Di sini kita dapat mengkaji hukum dari puasa hari lahir menurut agama Islam. Disamping itu kita akan mengulas bagaimana cara menjalankannya. Akan tetapi awalnya lebih dulu kita butuh ketahui pemahaman dari puasa weton ini.

Pemahaman Puasa Hari Lahir Kita

Puasa weton ialah macam puasa Jawa yang bukan puasa mesti ataupun sunnah. Islam tidak kenal puasa weton atau yang dikenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan untuk peringati hari lahir seorang.

Tidak hanya itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang punyai arah lain ialah untuk menyingkirkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing karena menurut keyakinan Jawa kuno, tiap-tiap orang mempunyai pembawaan dan sifat menurut weton.

Cara Lakukan Puasa Weton

Cara melakukan puasa hari kelahiran atau wedhal hari lahir ini dengan berpuasa waktu 3 hari 3 malam diawali semenjak hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir di Senin Wage karena itu berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon dan Rabu Pahing.

Satu hari saat sebelum Senin Wage, yaitu pada Minggu Pahing untuk yang ingin lakukan puasa weton disarankan minum dan makan lebih dulu dalam kurun waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Kemudian start pukul malam kita berpuasa sepanjang 23 jam serta buka di waktu 6 sore sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dikerjakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa memakai apa tidak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja selama tidak lebih satu jam di antara waktu 6 dan 7.

Tidak hanya itu Anda dapat memperbanyak kesibukan dengan bertapa semedi saat malam hari start pukul 11 sampai 1 pagi hari yang maksudnya untuk menyingkirkan karakter serta sifat jelek yang ada di dalam diri kita.

Penjelasan Puasa Weton Hari Lahir Menurut Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa weton ialah jangan dilakukan jika dilaksanakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah beberapa macam puasa penting dan sunnah.

Penjelasan serta cara puasa hari lahir pandangan agama Islam benar-benar berlainan dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat serta puasa nazar yang disebut puasa penting maupun senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dll sebagai beribadah puasa sunnah untuk memperbanyak pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan berkenaan pengertian dan cara puasa hari lahir menurut ajaran agama yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain waktu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting