Pengertian Puasa Hari Lahir Kita Dalam Agama Islam

hukum serta pengertian puasa hari lahir kita dalam agama Islam

 

Hukum serta penjelasan puasa hari lahir kita menurut pandangan agama Islam. Ada orang kawan akrab menanyakan bagaimana sich hukum dari puasa hari kelahiran untuk mengingati hari lahir dalam agama Islam? Apa type puasa itu ada dalilnya? Pertanyaan yang kerap tampak disamping apa bisa mengucapkan doa panjang usia mengingati ulang tahun.

Puasa Weton Wedal

Di sini kita akan mengkaji hukum dari puasa hari kelahiran pandangan agama Islam. Tidak hanya itu kita akan juga membicarakan bagaimana cara melakukannya. Tetapi sebelumnya terlebih dulu kita butuh ketahui penjelasan dari puasa weton ini.

Penjelasan Puasa Weton

Puasa hari kelahiran sendiri merupakan tipe puasa Jawa yang bukan puasa harus ataupun sunnah. Islam tak mengenali puasa hari lahir sendiri atau yang di kenal juga bernama puasa wedal. Puasa ini dijalankan buat mengingati hari lahir seorang.

Terkecuali itu, puasa ini lebih dikenali dengan tirakat atau tapa yang mempunyai arah lain untuk hilangkan semua terburukan (tolak bala) satu orang berdasarkan primbon dari wetonnya semasing lantaran menurut keyakinan Jawa kuno, tiap orang punyai karakter dan watak berdasar pada hari lahir kita.

Cara Melaksanakan Puasa Weton Wedal

Cara lakukan puasa hari kelahiran kita atau wedhal hari lahir ini yakni dengan berpuasa sepanjang 3 hari 3 malam diawali mulai sejak hari lahir Anda. Misalkan Anda lahir di Senin Wage jadi berpuasanya di Senin Wage, Selasa Kliwon serta Rabu Pahing.

Satu hari sebelumnya Senin Wage, yaitu pada Minggu Pahing buat yang ingin melaksanakan puasa weton direkomendasikan minum dan makan lebih dulu dalam jarak waktu 1 jam di antara waktu 6 sore sampai malam. Sesudah itu start pukul malam kita berpuasa waktu 23 jam dan buka di waktu 6 sore hingga sampai 7 malam.

Demikian selanjutnya dilaksanakan sampai 3 hari tiga malam. Bisa mengkonsumsi apa tidak seperti puasa mutih yang cuman dibolehkan makan yang putih-putih saja asal tidak lebih satu jam di antara waktu 6 serta 7.

Tidak hanya itu Anda dapat pula menambahkan aktivitas dengan bertapa semedi saat malam hari start jam 11 sampai 1 dini hari yang maksudnya ialah untuk hilangkan karakter dan watak jelek yang ada pada diri pribadi.

Pengertian dan Cara Puasa Weton Hari Lahir Menurut Pandangan Agama Islam

Dari keterangan di atas jelas sudah jika hukum puasa hari lahir merupakan jangan dijalankan jikalau dikerjakan untuk mengharapkan ridha Allah SWT. Sebab puasa itu bukanlah sejumlah macam puasa harus serta sunnah.

Penjelasan puasa weton menurut pandangan agama Islam benar-benar tidak sama dengan puasa ramadhan, qadha, kafarat dan puasa nazar yang disebut puasa penting atau senin kamis, puasa syawal, puasa daud, arafah ayyamul bidh dsb sebagai beribadah puasa sunnah buat meningkatkan pahala dari Allah SWT.

Demikian keterangan perihal hukum puasa hari kelahiran menurut pandangan Islam yang bisa diungkapkan. Sampai jumpa kembali di lain kali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan serta Hukum Puasa Hari Lahir Pandangan Islam

Sore Throat Set off by Acid Reflux

Accountancy Career: The Reasons Why You Should Choose Accounting